Sabtu, 30 April 2011

May Day, Buruh Berjanji Sesaki Malioboro

Prabowo - Okezone
Sabtu, 30 April 2011 19:24 wib
Ilustrasi Hari Buruh.
Ilustrasi Hari Buruh.

YOGYAKARTA - Peringati Hari Buruh Internasional atau May Day besok, ribuan aktivis baik dari kampus maupun kaum buruh akan melakukan aksi demo di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta.

Di antara tuntutan mereka adalah kesejahteraan bagi kaum buruh, perlindungan bagi kaum buruh, serta penghapusan sistem kerja kontrak dan pengalihdayaan (outsourcing). Hal itu disampaikan Humas Aliansi Buruh Yogyakarta, Muhammad Yusuf.

"Kami menyuarakan tuntutan poin-poin pokok permasalahn buruh yang ada di Indonesia. Di antaranya, sistem outsourcing harus dihapus, kesejahteraan sosial kaum buruh harus dipenuhi, dan perlindungan hukum bagi kaum buruh harus di jaga," katanya saat di konfirmasi okezone, Sabtu (30/4/2011).

Direncanakan, lanjut dia, aksi akan diikuti sekitar 700 sampai 1000 orang yang tergabung dalam ABY. "Besok kan pas hari libur, jadi kemungkinan lebih banyak dari biasanya," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Humas Persatuan Perlawanan Rakyat Indonesia (PPRI) Aslihul Fahmi Alia. Selain menyuarakan persoalan buruh di Indonesia, dia juga menyuarakan tentang perlawanan terhadap kaum liberal. Bahkan pihaknya mengajak peserta aksi nanti untuk mengulingkan rejim SBY-Boediono.

Sementara itu, koordinator Federasi Serikat Pekerja Mandiri, Ali Prasetyo mengatakan dalam aksi yang akan dilakukan selain menyerukan permasalahan buruh juga akan menyerukan isu seputar uang servis (serviskas).

Karena diakui sejak munculnya peraturan menteri Tenaga Kerja nomor 2 tahun 1999, uang servis bagi karyawan sudah dihilangkan.  

(hri)
Sumber: Okezone
Url : http://news.okezone.com/read/2011/04/30/340/451792/may-day-buruh-berjanji-sesaki-malioboro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar